4 Jenis Airbag dan Bagian Tubuh yang Terlindungi Saat Kecelakaan

Bagi pengendara mobil, penting untuk mengetahui fitur-fitur keselamatan dalam mobil, salah satunya adalah airbag. Selain sabuk pengaman, airbag turut memiliki fungsi yang juga tidak kalah penting. Sebagaimana dijelaskan dalam nissan.co.id, airbag merupakan fitur keselamatan dalam mobil yang dapat membantu pengendara terlindungi dari benturan ketika terjadi kecelakaan keras. Airbag melindungi bagian-bagian vital tubuh, seperti kepala, leher dan dada.

Umumnya, airbag terpasang pada bagian-bagian mobil yang rentan terbentur oleh kepala. Meskipun demikian, airbag mempunyai jenis-jenisnya berdasarkan posisi airbag terpasang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasan mengenai jenis-jenis airbag.

Driver AirbagMelansir dari daihatsu.co.id, driver airbag merupakan jenis airbag yang paling lazim ditemukan pada setiap tipe mobil. Sebab, roda kemudi atau setir adalah area yang paling rentan terkena benturan kepala saat kecelakaan terjadi. Adanya airbag ini dapat melindungu kepala supaya tidak terbentur. Airbag ini terpasang di bagian roda kemudi, tepatnya di bagian tengah.

Side AirbagJenis airbag yang berikutnya bernama side airbag yang terpasang di samping pengemudi mobil, dilansir dari carbiketech.com, airbag ini sangat berfungsi melindungi pengemudi ketika terjadi kecelakaan tabrakan mobil dari arah samping. Dengan begitu, tubuh pengemudi tidak terbentur ke samping saat kecelakaan terjadi.

Passenger AirbagMengutip dari daihatsu.co.id, passenger airbag terpasang di bagian dashboard mobil. Akan tetapi, di beberapa tipe mobil, airbag jenis ini terletak di luar dashboard mobil. Seperti namanya, airbag jenis ini digunakan untuk para penumpang mobil, khususnya para penumpang yang duduk di bagian depan.

Curtain AirbagUmumnya, curtain airbag terpasang di bagian atap mobil bagian dalam. Airbag jenis ini dapat melindungi kepala dan leher pengemudi dan penumpang mobil. Airbag ini biasanya akan berfungsi ketika mobil terjungkal ketika kecelakaan.

NAOMY A. NUGRAHENI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.