Belum Tentu Rusak, Tiga Hal Ini Penyebab Alarm Mobil Tak Berbunyi

Alarm mobil agaknya tak sekadar aksesori, karena berfungsi untuk peranti keamanan. Sebelum meninggalkan mobil yang di area parkir, tombol alarm ditekan untuk mengunci. Jika alarm mengeluarkan bunyi, tandanya mobil sudah terkunci. Tapi, jika sudah menekan tombol alarm tak ada bunyi, maka harus memastikan secara manual mobil sudah terkunci.

Mengutip Auto 2000, berikut tiga masalah yang menyebabkan alarm mobil tak berbunyi

Seiring waktu penggunaan alarm mobil, baterai kunci atau central lock akan berkurang. Hal itu kadang tak disadari, karena pemakaian rutin menjadi hal biasa, sehingga lupa untuk memastikan energi baterai. Supaya hal itu tak terulang, sebaiknya rutin mengecek baterai secara berkala.

Terkadang pengemudi mungkin lupa mengatur mode alarm mobilnya. Jika alarm dalam mode valet, berarti setelan tak bersuara alias senyap. Biasanya, mode valet diaktifkan saat seseorang menggunakan layanan valet parking untuk mobilnya. Adapun valet parking merupakan layanan yang disediakan mal, hotel, restoran, atau berbagai tempat umum lain untuk memarkirkan mobil. Pemilik mobil akan mendapat nomor parkir, lalu akan ada petugas khusus yang memarkirkan kendaraan.

Ketika mobil dibawa orang lain selama beberapa saat, keamanan mobil agak dilonggarkan dengan mematikan sistem alarm. Kalau sistem alarm senyap, maka lampu indikator dan bunyi alarm akan mati saat tombol dipencet. Jika alarm mobil tidak bunyi saat dikunci, tapi indikator alarm terus menyala, ada kemungkinan mode valet sedang aktif.

Cara mengubahnya kembali ke mode normal, buka pintu kemudi mobil, lalu tekan tombol kunci (lock) bergambar gembok. Setelah itu, ganti tekan tombol buka kunci (unlock).

Kerusakan module alarm, maka tidak akan ada arus yang dialirkan untuk mengontrol kinerja sirine. Akibatnya, alarm mobil pun tidak bunyi saat dikunci. Sedangkan apabila sirine mobil rusak, arus yang berasal dari control module tidak akan bisa membunyikan alarm. Kalau ini masalahnya, maka solusinya mengganti komponen module atau sirine alarm.

Tapi sebelum itu periksa dulu sistem lainnya. Misalnya, ada kemungkinan alarm tak bunyi, karena sekring rusak atau masalah sambungan kabel.

ASMA AMIRAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.