Muncul Bunyi Berdecit dari Fan Belt Mobil, Begini Cara Mengatasinya

Fan belt mobil merupakan karet kipas pendingin mesin mobil yang terbuat dari imitasi karet dan baja. Fan belt memiliki fungsi memutarkan berbagai komponen mesin mulai dari pompa oli hingga alternator.

Pemilik mobil perlu mengetahui bahwasannya fan belt itu memiliki usia pakai yang relatif singkat. Selain itu, posisinya yang berhubugan dengan engine pulley, kerap kali komponen ini mendapat gangguan seperti cipratan air hujan atau saat melewati genangan air.

Gangguan tersebut dapat membuat fan belt mobil mengalami kerusakan yang ditandai dengan munculnya bunyi berdecit yang cukup nyaring. Masalah seperti sering kali dikenal dengan nama belt dressing.

Belt dressing ini terjadi akibat karet fan belt tidak dapat memutar dengan sempurna atau bisa juga akibat bagian pulley yang kering karena terkikis oleh cipratan atau tergenang air dan kotor.

Timbulnya bunyi pada fan belt tentunya sangat mengganggu kenyamanan berkendara. Dalam kondisi ini, pemilik mobil perlu melakukan perbaikan pada fan belt agar tidak timbul kerusakan pada komponen lain.

Berikut adalah tips menghilangkan bunyi berdecit pada fan belt mobil, dikutip dari laman Auto2000 hari ini, Rabu, 22 Desember 2021.

Langkah sederhana untuk mengatasi fan belt mobil yang berdecit adalah dengan menyemprotkan cairan sabun pada belt tersebut. Namun acara ini tidak mampu bertahan lama dan disarankan untuk dilakukan saat keadaan terdesak atau darurat.

Saat fan belt mobil berdecit, Anda bisa mengoleskan pelumas atau oli pada belt tersebut. Apabila tidak ada pelumas atau oli, Anda bisa menggunakan batang lilin. Namun untuk mengoleskan oli tidak boleh berlebihan, karena bisa membuat belt menjadi selip dan justru menimbulkan suara bising yang semakin keras.

Selain meggunakan pelumas atau oli, anda juga bisa menggunakan gemuk atau grease untuk mengatasi bunyi berdecit pada fan belt mobil. Oleskan gemuk secukupnya dan jangan berlebihan karena dapat membuat belt menjadi selip.

Cara lain mengatasi bunyi berdecit pada fan belt mobil adalah dengan menyemprotkan cairan khusus belt berkaleng aerosol. Biasanya cairan khusus ini tersedia di toko aksesori mobil atau juga di hypermarket.

Namun untuk menyemprotkan cairan ini tidak bisa sembarangan. Langkah pertama adalah menghidupkan mesin dan biarkan mesin pada kondisi stasioner. Setelah itu semprotkan cairan tersebut pada belt yang berdecit sampai bunyi berdecit itu hilang. Metode ini menuntut kehati-hatian dan konsentrasi lebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.