Resolusi Tahun Baru yang Diremehkan Ini Sebenarnya Baik untuk Otak

Ini adalah salah satu resolusi Tahun Baru yang paling umum dari semuanya, yaitu “Tahun ini, saya akan menjadi lebih terorganisir”. Seperti yang dikatakan ahli kebahagiaan dan penulis buku laris New York Times Gretchen Rubin di podcast mindbodygreen, resolusi umum ini sebenarnya dapat memicu gelombang otak yang baik dan pada akhirnya membuat Anda lebih bahagia.

Bagaimana membersihkan kekacauan dapat bermanfaat bagi kesehatan otak Anda.Sederhana saja, orang cenderung mendeklarasikan decluttering sebagai alat kontrol. “Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang telah banyak membersihkan sampah [selama pandemi], sebagian karena mereka membutuhkan ruang di rumah mereka, tetapi juga karena mereka merasa lebih bisa mengendalikan lingkungan mereka,” kata Rubin, seperti dilansir dari laman Mind Body Green.

Bahkan, sebuah artikel di Washington Post menyebutnya sebagai decluttering besar tahun 2020. “Saya tidak bisa mengontrol jadwal saya, tapi saya bisa mengontrol lemari mantel saya,” tambah Rubin. “Dan itu bisa membuatku merasa lebih baik.”

Selain itu, membersihkan lingkungan luar Anda dari kekacauan dapat membantu pikiran Anda merasa lebih nyaman. Tidakkah terasa sangat menenangkan melihat lemari es yang baru ditata atau lemari yang tertata rapi? “Semakin berantakan pikiran saya, semakin saya merasa damai ketika lingkungan saya harmonis,” kata dokter kedokteran fungsional Karyn Shanks/ “Saya merasa kurang stres ketika saya mengambil, membersihkan, menyimpan (rapi), dan membuang apa yang tidak lagi diperlukan—di tempat sampah, daur ulang, atau kotak sumbangan.”

Di sisi lain, tumpukan kekacauan juga dapat mengganggu kesehatan mental. Satu studi tahun 2017 menemukan bahwa perasaan kewalahan oleh kepemilikan berlebihan dikaitkan dengan skor penundaan yang tinggi. Studi lain menemukan bahwa peserta yang memiliki skor rumah stres yang lebih tinggi mengalami peningkatan kadar kortisol di siang hari.

Tentu saja, membuat resolusi Tahun Baru untuk membersihkan kekacauan hanyalah langkah pertama. Namun bagi sebagian orang, dibutuhkan cukup banyak tekad untuk tetap berpegang pada kebiasaan itu. Tetapi menurut Rubin, tujuan ini secara serius dapat meningkatkan kesehatan otak dan kebahagiaan Anda secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *