Tradisi Unik Rayakan Tahun Baru Bersama Keluarga

Dalam hitungan hari kedepan dunia bersiap menyambut pergantian tahun. Makan bersama saat berkumpul dengan keluarga kini menjadi satu kelaziman.

Selain dilakukan saat hari raya, makan bersama keluarga juga ketika menyambut pergantian tahun. Namun, tahukah Anda ada tradisi terunik perayaan tahun baru yang berlaku yang dilakukan bersama keluarga di sejumlah negara?

Anggur Keberuntungan di Spanyol

Masyarakat Spanyol punya tradisi unik saat malam tahun baru, yakni memakan 12 buah anggur. Caranya mengunyah satu buah anggur setiap jam. Setiap buah anggur melambangkan satu bulan setahun mendatang. Mengunyah anggur sampai habis dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan. Di Kota Barcelona atau Madrid, orang-orang berkumpul di alun-alun untuk memakan buah anggur dan membagikan botol cava (champagne tradisional ala Spanyol).

Koin Kemakmuran di Filipina

Tradisi memakan 12 buah anggur di tengah malam juga ditemukan di Filipina, negara koloni Spanyol berabad silam. Namun, warga Filipina juga melengkapi dengan tradisi lain, yakni memajang setiap benda berbentuk bulat yang menyimbolkan kemakmuran. Ada juga yang mengenakan motif polkadot pada pakaian, perabot rumah, dan sebagainya.

Tradisi Bawang di Yunani

Masyarakat Yunani menyambut tahun baru dengan menggantung bawang di pintu rumah. Tradisi ini melambangkan kelahiran kembali, sehingga siap menjalani tahun yang akan datang dengan semangat baru. Warga Yunani juga menggunakan bawang untuk membangunkan anak-anak mereka.

Masih banyak tradisi unik di berbagai wilayah lainnya, tetapi ada satu hal yang kini menjadi kelaziman di seluruh dunia, yaitu menyambut tahun baru dengan merefleksi diri, untuk menjadi bekal tahun berikutnya.

Salah satu refleksi yang patut dilakukan adalah finansial, karena Anda harus bersiap menghadapi berbagai kemungkinan di masa depan. Tahun baru merupakan saat paling tepat menjalankan perencanaan keuangan (financial planning) seperti mendata aset dan kewajiban, mendetail pemasukan dan pengeluaran, menyisihkan dana asuransi dan dana darurat, serta memikirkan pilihan rencana yang smart untuk memperoleh penghasilan tambahan lain dan juga berinvestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.